11/30/2010

Tips Mencari Dengan Google (Advance Mode)

Sebenarnya saya agak males untuk posting karena badan lelah otak adi buntu, tapi daripada tidak update kan percuma punya blog. Nah kali ini mau berbagi tips ringan saja ya yaitu mencari dengan google tapi bukan yang biasa. Biasanya kita mencari dengan mengetikkan kata kunci atau keyword lalu klik search iya kan? Mbah google jauh lebih hebat dari itu, kita bisa mempersempit hasil pencarian agar hasil yang ditampilkan lebih relevan dengan yang kita inginkan.
Mesin pencari
Mencari Di Website atau Domain Tertentu
Sekarang hampir setiap blog atau website mempunyai sistem pencarian, ya seperti blog ini (lihat di kanan atas)! Tapi hasil pencariannya kadang kurang maknyos dibandingkan dengan punya google, oleh karena itu kita bisa memanfaatkan google
Rumusnya (anggap saja rumus yah):
keyword (spasi) site:alamat situsnya
contoh:
blogger site:idebagusku.com
Nah dengan rumus diatas si mbah google akan menampilkan hasil pencarian untuk kata “blogger” yang ada di blog idebagusku.com. Nah cara ini juga bisa digunakan untuk menampilkan hasil pencarian blog di blogspot atau wordpress.com saja. Misalkan saya hanya ingin hasil pencariannya hanya menampilkan blog-blog yang ada di blogspot semua.
Contoh:
blogger site:blogspot.com
Dengan begini maka yang akan kita lihat adalah hasil pencarian kata “blogger” di semua blog yang ada di blogspot. Sedangkan kalau begini
blogger site:ini.blogspot.com
akan menampilkan hasil pencarian kata “blogger” di blog ini.blogspot.com
Mencari Kalimat Yang Sama Persis
Pernahkah kamu mencari kalimat dengan google? Apakah hasil pencariannya sama persis dengan kalimat yang kamu tulis? Misalkan saya ingin mencari “aku mencintai dan menyayangi kamu”. Nah mbah google tidak selalu akan menampilkan kalimat yang sama persis tapi google akan menampilkan tulisan yang mengandung kata “aku, kamu, mencintai, dan, menyayangi, kamu” dan itu pun seringkali letak kata-kata itu saling berjauhan jadinya tidak sesuai dengan kalimat yang ingin saya cari.
Nah untuk itu kita harus memberitahu kalimat apa yang ingin benar-benar kita inginkan
Rumus:
keyword (spasi) "keyword" (keyword yang sama dengan diberi tanda kutip)
contoh:
aku mencintai dan menyayangi kamu "aku mencintai dan menyayangi kamu"
Kalau sudah diberitahu si mbah google akan menampilkan hasil kalimat yang sama persis (kalau ada)
Mencari Dengan TIDAK Menampilkan Kata Yang Tidak Diinginkan
Kamu suka pusing google menampilkan kata-kata yang tidak kamu inginkan, ya misalnya kata yang menjurus ke hal-hal yang berbau pornografi? Jika begitu maka hilangkan saja kata itu dari mukamu (bilang: “muke lo jauh” ato “ke laut aje loh”)
Rumusnya:
keyword (spasi) -keyword2 (tanda minus sebelum keyword yang tidak diinginkan)
contoh:
blogger -ariel
Si Mbah google akan menampilkan hasil pencarian untuk kata “blogger” dan tidak menampilkan tulisan yang mempunyai kata “ariel” didalamnya.
Jika kata yang tidak diinginkan lebih dari satu maka tinggal menambahkan tanda minus (-) pada kata (tapi sebelumnya pake spasi antara katanya yah)
contoh:
blogger -ariel -lunamaya
Semoga Bermanfaat! Kalau engga buang saja

0 komentar:

Post a Comment

 

My Blog List

Followers

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

GAME GADGET Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal