12/13/2011

Konfigurasi Printer Client


Salah satu tujuan dibangunnya sebuahjaringan komputer, baik itu jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih luas lagi cakupannya adalah agar komputer yang terhubung dengan jaringan dapat saling berbagi resource (sumber daya) yang ada dalam jaringan. Sumber daya ini dapat berupa file atau data, aplikasi, maupundevices (perlengkapan seperti CD-ROM, ruang penyimpanan, printer, scanner dan lain-lain).
Pada kesempatan yang sangat baik ini, kita akan mencoba meng-konfigurasi komputer jaringan agar dapat memanfaatkan sumber daya yang disedakan dalam jaringan. Kali ini kita ambil contoh printer, yaitu bagaimana komputer kita dapat menggunakan printer yang ada dikomputer lain dalam satu jaringan. Berikut langkah demi langkah menghubungkan komputer klien dengan printer:
Sebelum melakukan pengaturan dari sisi klien, printer pada server harus dalam keadaan di sharing. Untuk men-share printer server Anda dapat membacanya disini. Baru setelah printer server di sharing, Anda dapat langsung melakukan pengaturan printer klien.
Pastikan Anda telah membuka control panel, yaitu tempat dimana kita dapat mengubah konfigurasi Windows kita. Bila Anda lupa cara membuka control panel silahkan klik disini. Dibawah ini adalah gambar area control panel:
Klik icon Printers and other Hardware lalu klik Printers and Faxes dan klik Add a printer seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:
Setelah Anda klik Add a printer akan muncul jendela berikut:
Klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Akan muncul tampilan dibawah ini:
Pilih network printer, or printer attached to another computer untuk mencari dan menambahkan printer dari komputer lain dalam satu jaringan. Setelah itu klik Next untuk melanjutkan proses selanjutnya. Yaitu seperti pada gambar dibawah ini:
Klik pada bagian yang di kotak warna merah (perhatikan gambar diatas). Setelah Anda klik, kotak di samping name akan aktif. Ketikkan “alamat” printer dalam jaringan yang akan dituju, dengan format: \\server\printer
Server adalah nama komputer yang terhubung langsung dengan printer, sedangkanprinter adalah nama printer atau driver. Perhatikan contoh penulisan alamat printer dibawah ini:
Anda lihat nama server (komputer yang terhubung langsung dengan printer) adalah “creative-kasir” dan model printernya adalah “HP LaserJet 1020”. Setelah Anda masukkan alamat printer klik tombol Next. Akan muncul konfirmasi pada gambar berikut:
Pada gambar diatas Anda diberikan pilihan untuk mengatur printer utama yang digunakan. Pilih “Yes” untuk mengatur printer yang akan ditambahkan menjadi printer utama (default) dan pilih “No” jika tidak. Klik Next untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya. Dan jika Anda melihat gambar dibawah ini, berarti proses pencarian dan menambahkan printer ke komputer klien telah berhasil. SELAMAT dan Anda tinggal klik tombol “Finish”.

0 komentar:

Post a Comment

 

My Blog List

Followers

Recommended Gadget

  • ads
  • ads
  • ads
  • ads

GAME GADGET Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal